30 Perusahaan Farmasi dan Alkes dari AS akan Dibangun di Brebes

BREBES –  Pemerintah Kabupaten Brebes akhirnya membuka suara terkait rencana migrasi besar-besaran perusahaan farmasi milik negara Amerika Serikat (AS) yang berada di Cina ke Kabupaten Brebes.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPTSP) Brebes Ratim Rantoko mengungkapkan, sebanyak 30 perusahaan farmasi dan alat kesehatan akan direncanakan dibangun di Kabupaten Brebes.

“Ya memang ada rencana 30 perusahaan farmasi dan alat kesehatan dibangun di Brebes,” kata Ratim Rantoko, Selasa (19/5/2020).

Kendati demikian, dirinya belum bisa memastikan kapan realisasi migrasi besar-besaran perusahaan milik negara berjuluk negeri paman sam tersebut. “Yang jelas, Pak Menko Maritim dan Investasi dan Pak Gubernur Jawa Tengah sudah ada pembicaraan tindak lanjut. Kami siap mendukung rencana itu,” jelasnya.

Sebelumnya, bocornya percakapan rahasia antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden AS Donald Trump, menyusul rencana kepindahan pabrik farmasi milik Amerima Serikat dari Cina ke Kabupaten Brebes, sempat menjadi isu topik hangat di masyarakat.  Bagaimana tidak, dalam migrasi perusahaan secara besar-besaran itu, diperkirakan membutuhkan lahan mencapai 4000 hektare.

“Informasi yang saya terima, ada beberapa utusan perwakilan dari investor akan datang ke Brebes. Untuk melihat rencana lokasi perusahaannya yang memang sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Di sisi lain, Pemkab Brebes pun telah menyiapkan lahan seluas 3976 hektare sebagai Kawasan Industri Brebes (KIB). Di antaranya, berada di wikayah Kecamatan Losari, Kecamatan Bulakamba, dan Kecamatan Tanjung. “Selain KIB, kita siapkan lahan seluas 1700 hektare sebagai kawasan peruntukan industri,” pungkasnya. (*)

Editor: Muhammad Abduh

Di kutip by AT from Panturapost.Com
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *