Profil Desa

Desa Jatirokeh adalah Ibukota Kecamatan Songgom, dimana dalamnya ada Kantor Kecamatan Jatirokeh, Puskesmas Jatirokeh, Kapolsek Songgom, Koramil Songgom semuanya menempati tanah di Desa Jatirokeh, wajar saja jika pertumbuhan ekonomi di desa ini semakin meningkat, bahkan Pasar paling besar di Kecamatan Songgom di Desa Jatirokeh.

Desa Jatirokeh Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes – Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 26 Rt dan 5 Rw, ada 3 Pedukuhan yakni Pedukuhan Jatirokeh Utara, Jatirokeh Tengah dan Dukuh Payung, dengan jumlah penduduk + 14.310 jiwa menurut data aplikasi SIAK Dukcapil 2020, ini merupakan modal Sumber daya manusia yang cukup untuk berpartisipasi di dalam pembangunan desa.

Desa Jatirokeh yang merupakan Desa di Kecamatan Songgom juga menyimpan situs/tempat sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia, seperti Taman Makam Pahlawan ” Pagarrayu” yang terletak di Dukuh Jatirokeh RT. 04 RW. 04 di sepanjang pinggir kali pagarayu.

Desa Jatirokeh mulai mengalami kemajuan yang cukup pesar dan masyarakatnya majemuk terutama di bidang ekonomi, sektor Perdagangan dan Peternakan sangat berkembang di Desa Jatirokeh, Iklim desa adalah Tropis artinya sangat cocok keadaanya untuk bercocok Tanam, Padi , Jagung, Bawang merupakan produk Unggulan Desa.

Batas-Batas Desa Jatirokeh yakni : Sebelah utara adalah Desa Karangsembung, Sebelah Selatan Desa Jatimakmur, Sebelah Barat Desa Wanatawang dan Desa Cenang, dan Sebelah Timur adalah Desa Kertaharja Kabupaten Tegal,

Ada 2 Pondok Pesantren di Desa ini, yakni Ponpes Al Falah Salafiyah yang diasuh oleh KH. Mas Mansyur Tarsudi, dan Ponpes Al Falah Modern yang diasuh oleh KH. Nasrudin. Mereka memiliki santri ratusan santri baik dari pendatang maupun warga disekitar desa.

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

2 komentar untuk “Profil Desa”

  1. Website resmi tapi isi kosong udh kaya bedug masjid tengahnya kosong website cuma buat hal hal tidak penting
    Website desa
    Visi misi ✖️
    Dana desa✖️
    Administrasi ✖️
    Anggaran dana desa ✖️
    Penggunaan anggaran ✖️
    Detail in out cash ✖️
    Program desa ✖️
    Sepertinya sia sia dikasih anggaran buat website untuk bertujuan transparansi
    Nyatanya ✖️

    Mohon maaf ini hanya masukan dari saya sebagai warga
    Saya juga pengin gtu jatirokeh punya ucapan selamat datang juga sampai berjumpa lagi di jalan raya toh kita kan ibukota masa iya si kalah sama desa lain.
    Semoga didengar di baca dilaksanakan
    Amin. Maju terus jatirokeh
    Jika ada kesalahan dalam mengoreksi mohon maaf sekali lagi.

    1. Terima kasih banget…. ms masukannya mas emang yg di harapkan kaya gitu,,,,,partisipasi jnengan ada, Kita lagi sedikit demi sedikit memperbaikinya mas….

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *